Windows 7 Starter Edition adalah salah satu versi dari Windows 7 yang biasanya dibundel pada netbook. Kelemahan pada Windows 7 Starter Edition adalah banyaknya fitur-fitur yang tidak aktif, salah satunya fitur untuk mengubah wallpaper.

Ada beberapa software tool yang digunakan untuk mengubah wallpaper antara lain Stardock, Starter Background Changer, Starter Wallpaper Changer, dan Oceanis Change Background Windows 7. Namun terkadang software tersebut bisa mempengaruhi kinerja dari netbook atau komputer, salah satunya akan menjadi ‘lemot’ karena menghabiskan memori laptop. Tapi kita juga bisa mengubah wallpaper pada Windows 7 Starter ini tanpa menggunakan software tool

  1. Klik Icon Start Menu (ada di pojok kiri bawah layar monitor) atau Tekan tombol Win+R (tombol windows pada keyboard dan tombol R).
  2. Ketik regedit pada kolom tersebut lalu tekan Enter.
  3. Kemudian windows akan menampilkan folder “Registry Editor“ Klik folder HKEY_CURRENT_USER, lalu klik folder Control Panel dibawah folder utama (HKEY_CURRENT_USER) dan klik Desktop. Maka kita akan masuk pada folder.HKEY_CURRENT_USER\ControlPanel\Desktop
  4. Cari file Wallpaper di dalam folder yang telah kita masuki pada langkah 4 (lihat isi folder pada tabel sebelah kanan), klik dua kali pada file wallpaper tersebut.
  5. Dalam kotak edit string, kita bisa mengganti gambar wallpaper sesuai keinginan dengan cara mengetik tempat gambar yang ingin dijadikan wallpaper, misal : C:\Users\Chuw\Pictures\TranscodedWallpaper.jpg lalu klik OK (Note: Penulisan folder asal gambar harus benar).
  6. Klik kanan pada folder Desktop, lalu pilih file Permissions klik dua kali. Klik Advance.
  7. Klik pada tab Owner, “Change owner to” pilih user yang kamu gunakan lalu klik OK.
  8. Jika keluar command prompt klik remove dan hilangkan centang pada perintah Include inheritable permissions from the object’s parent.
  9. Klik Add lalu ketik Everyone dan klik OK.
  10. Tandai centang pada perintah Allow Read Control dan klik OK.
  11. Klik OK lagi lalu highlight Everyone dan centang Allow Read kemudian klik OK.
  12. Terakhir klik OK sekali lagi dan restart netbook atau komputer.